Photobucket

Selasa, 16 Oktober 2012

Main Game Android di Komputer Windows

Android, ya Android itu operating system  yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel.
Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.

Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

Yupps..! itu saja dulu sekilas mengenai apa itu Android. Jika mau lebih lanjut mengetahuinya, bisa dicarilah sendiri. Banyak kok di internet juga.. Sekarang langsung saja pada tujuan, bagaimana cara menjalankan aplikasi-aplikasi Android pada komputer yang berbasis Windows. Akh, ieumah resep we kuprak-koprek sugan aya manfaatna buat yang lain..
 
Main Game Android di PC atau Laptop
Bagaimana ya aplikasi Android bisa berjalan di komputer atau laptop yang berbasis Windows atau Mac, semisalnya game Angry Birds atau Speed Racing Car atau yang lainya? Sekarang sudah tersedia tuh Android Apps Player yang mampu menjalankan hampir semua aplikasi Android di program Windows. Namanya BlueStacks.


Aplikasi-aplikasi Android yang bisa berjalan di Komputer Windows

BlueStacks memungkinkan game dan aplikasi-aplikasi android dapat berjalan di komputer, tablet pc atau laptop. Saat ini BlueStacks, gratis untuk di download dengan ukuran sebesar 103,3 MB dan tersedia dalam mode beta-1 serta mendukung Windows 7. Donload saja di sini ya...Bluestacks adalah sebuah inovasi untuk dapat menjalankan aplikasi dan games android pada Windows PC. Selama ini, aplikasi/games android (.apk) hanya bisa di install dan di jalankan pada OS Android. Seorang bernama Rosen Sharma dari India mempunyai ide untuk membuat software Bluestacks yang mulai di kembangkan sejak tahun 2010. Jika dalam HP android, aplikasi di jalankan dengan mode touch screen dan untuk arah/gerak dengan sensor accelerometer. Bluestacks mengadaptasi ke windows dengan mouse dan kursor.

Berikut ini beberapa fitur dari app player for windows dari BlueStacks.
1. Mainkan games dan aplikasi Android dengan cepat dan layar penuh.
2. Menghubungkan aplikasi favorit dari ponsel Android sobat menggunakan Bluestacks Cloud Connect.
3. Instal hingga 26 lebih aplikasi favorit.
4. Kemungkinan bekerja lambat pada tablet atau laptop.


Saat artikel ini ditulis, penulis sendiri sedang download lagi sebesar 103,3 MB dan baru sampai 80% (83,2 MB) karena menggunakan jaringan GPRS jadi agak lamhay deh. Penulis sedikit lupa saat aplikasi yang sudah di download belum dipindahkan ke PC masih di flashdisk sementara flashdisk-nya sendiri raib entah ke mana...kacian deh loh....Oh ya, Install aplikasi BluStacks ada dua cara, bisa secara online dengan file sebesar 3,9 MB atau secara offline setelah di download. Untuk kedua cara tersebut nantinya ada pemberitahuan untuk registrasi baik melalui email maupun nomor HP kita mengenai apakah kita sudah punya apa belum untuk HP Android. Ya, sayamah jelas sudah punya atuh..baik HP maupun tablet. (balaga dot com akh..)

Cara Menginstall Aplikasi dan Games Android di Bluestack pada PC
Berikut ini akan saya tunjukkan bagaimana cara menginstall games yang sangat populer yaitu Angry Birds Space atau apalah sesuai keinginan masing-masing. Untuk menginstall Aplikasi/Games Android di Bluestacks di butuhkan koneksi internet.
1. Install aplikasi BlueStack pada komputer atau laptop
Aplikasi BlueStack saat Instalisasi
2. Jalankan software Bluestack melalu shortcut yang anda di desktop.

Jalankan Aplikasi BlueStack
3. Setelah Bluestacks jalan, kemudian lihat pada layar Bluestacks. Beberapa aplikasi yang mau kita   instal nantinya tinggal pilih sesuai hati nurani, ingat jangan salah pilih kaya pilih para dewan atau saat pilkadut ya...

Aplikasi atau Games yang tersedia

4. Klik pada ikon lensa (search) ketikkan “Angry Birds Space” atau terserah maunya apa deh..tapi disini saya install AirAttack HD Lite, karena si burung pemarah sudah terinstal yang versi  desktopnya di PC dan laptop.
 
5. Semua aplikasi/games yang mengandung kata “angry birds space” akan di tampilkan dalam  hasil pencarian. Kemudian Klik tombol Download. Filenya lumayan besar 21 MB untuk game Angry Birds. Sedangkan untuk AirAttack HD Lite  sebesar 28,6 MB. Jadi silahkan di tunggu hingga selesai download. Sehubungan pakai koneksi internet GPRS cukup makan waktu sekitar setengah jam, jadi saya bisa membuat kopi panas dulu  nih..

Proses Download Aplikasi tengah berjalan
6. Setelah Selesai Download, Kemudian klik pada Install dan kemudian Open untuk memainkan game yang sudah diinstal. Untuk melihat aplikasi-aplikasi yang sudah terinstall bisa klik di bagian lingkaran biru My Apps sebelah kiri atas.

7. Untuk aplikasi yang lain sesaui keinginan dan niat masing-masing, caranya sama dengan langkah-langkah di atas.

8. Lihat gambar di bawah untuk aplikasi game yang telah berhasil di install. Selamat bermain game versi Android di komputer
Game AirAttack HD Lite yang berhasil di install

Setelah mencoba software Bluestacks, rasanya tidak ada beda menjalankan aplikasi/games Android di PC dengan HP smartphone ataupun tablet Android. Namun karena masih dalam tahap beta, Bluestack memiliki beberapa kelemahan jika di bandingkan dengan Android asli. Agak sedikit lambat memang atau sedikit nge-lag atau apalah istilahnya, bisa pula keadaan dari specs komputer yang dipunyai. Ikh, ngapain juga ya sudah ada HP/Tablet Android kudu ngisntal ke komputer...Ya, ini hanya untuk memberikan pengalaman lain saja, terpikir saat asyik-asyiknya nge-game di tablet suka digerecokin sama ponakan-ponakanku mau pinjam. Terpaksa mengalah. Akhirnya, gimana caranya biar aku juga anteng ng-game di laptop. Cari-cari aplikasi yang cocok lewat internet tentunya, ya dapatlah itu aplikasi BlueStacks tersebut. Serta game-game yang menarik lainnya pun sudah di download, mau balapan mobil atau mau perang-perangan sudah disedoootttt....Dan...berhasil,,berhasil...Mudah bukan..??

Selamat Mencoba...ada kesulitan jangan lupa coba lagi dan lagi.....Anda punya pengalaman dengan aplikasi ini? Silahkan kita berbagi yaaa...




6 komentar:

  1. Mantapp..artikel tutorialnya menarik, izin sedoot..

    BalasHapus
  2. Untuk Nova silahkan dengan senang hati, smoga bermanfaat

    BalasHapus
  3. heheheh...tiis..siga di jero kulkas euy..

    BalasHapus
  4. gan, waktu gue main game. gue gak tau cara ngeluarinnya. trus gue exit aja di tanda X. tapi gue buka bluestacknya lagi ga bisa. terus cara ngeluarin game dengan benar gimana?

    BalasHapus

Terimakasih bagi Anda yang sudah memberikan komentar di sini. Salam Alumni Elektronika 87